Jum’at,07/09/2018 Kegiatan yang diselenggarakan oleh BNN Kota Metro. untuk mensosialisasikan bahaya narkoba di masyarakat. Sosialisasi ini di haidri oleh para pamong-pamong dan masyarakat kel. Yosodadi yang tujuannya agar bisa menyampaikan bahanya menggunakan Narkoba.

Karna Narkoba sekarang sudah mewabah di kalangan lapisan masyarakat, jadi penting bagi para kita semua untuk mencegah bahaya Narkoba.

Narasumber BNN menjelaskan Narkoba merupakan bahan/zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat/otak sehingga bila disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik, psikis/jiwa dan fungsi sosial serta menimbulkan ketergantungan.

Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan komponen masyarakat yang mengarah kepada proses perubahan dan penumbuhan karakter serta perilaku anti penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba

  • Karakter positif masyarakat
  • Daya tangkal dan daya tolak terhadap narkoba

Membangun jejaring pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang berbasis masyarakat.

Narkotika adalah Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. (UU NOMOR 35 TAHUN 2009 tentang NARKOTIKA)

Psikotropika  adalah Zat atau obat baik  alamiah  maupun  sintetis  bukan narkotika, berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh  selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan  khas pada aktivitas mental  dan perilaku. (UU NOMOR 5 TAHUN 1997 tentang PSIKOTROPIKA)

BAHAN ADIKTIF adalah bahan yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan psikis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *